Jumat, 28 Oktober 2011

5 Makanan yang Mendukung Jantung Sehat

Sayangi Jantung anda ! :) Jantung merupakan salah satu organ tubuh paling vital dalam tubuh manusia. Fungsinya sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh layaknya peran utama dalam sebuah gelaran teater. Jika jantung tidak berfungsi dengan baik, niscaya metabolisme dalam tubuh pun tidak akan bekerja secara maksimal.
Menurut riset yang dilakukan oleh Prof. Bambang Irawan dari Universitas Gadjah Mada (UGM), di negara berkembang dari tahun 1990-2020 angka kematian akibat penyakit jantung koroner akan meningkat 137% pada pria dan 120% pada wanita. Melihat angka ini, tak heran mengapa penyakit jantung menduduki peringkat pertama kematian manusia di dunia.
Bahkan seorang atlet yang sejatinya memiliki tubuh yang bugar dan sehat juga tak lepas dari ancaman penyakit ini. Mungkin Anda masih ingat kasus memprihatinkan yang menimpa Adjie Masaid beberapa waktu lalu. Pria yang juga anggota legislatif itu meninggal bahkan ketika sedang berolahraga futsal dan diduga akibat serangan jantung.
Kebiasaan merokok, diabetes yang tidak terkontrol, hipertensi, kenaikan kolesterol dan trigliserid dalam darah, kurang olahraga, stress psikis, dan kegemukan disinyalir menjadi penyebab timbulnya penyakit jantung. Nah, oleh sebab itu mulailah hidup sehat dengan diawali dari mengkonsumsi 5 makanan super berikut untuk menambah nutrisi sekaligus juga mendapatkan jantung yang sehat.
  1. Bluberi. Bluberi adalah salah satu makanan yang dikenal mampu membasmi berbagai penyakit. Bluberi mengandung anthocyanin yakni antioksidan yang diperoleh dari warna biru bluberi. Makanan lezat ini ternyata kaya akan serat dan vitamin C. Mengkonsumsinya akan memuaskan lidah Anda sekaligus memberikan kesehatan bagi jantung Anda.
  2. Salmon. Ikan yang sering dimangsa oleh beruang Grizzly ini dikenal kaya akan protein dan lemak asam omega-3 yang bagus untuk jantung. Beberapa pakar merekomendasikan untuk mengkonsumsi ikan ini 2 kali dalam seminggu untuk kesehatan jantung Anda.
  3. Protein kedelai. Protein kedelai mengandung serat, vitamin, dan mineral yang merupakan kandungan makanan sehat untuk jantung. Diet yang kaya protein kedelai bisa menurunkan trigliserida, sehingga membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan menjaga jantung tetap kuat dan sehat. Protein kedelai juga baik bagi mereka yang mempunyai kolesterol tinggi karena protein kedelai kaya lemak poliunsaturated, serat, vitamin, dan mineral.
  4. Oatmeal. Oat merupakan biji-bijian murni yang kaya akan vitamin, mineral, serta serat efektif untuk menurunkan kolesterol. Diet yang kaya oat akan mengurangi resiko penyakit jantung. Beberapa penilitia menunjukkan bagaimana oat mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh manusia dan juga mampu mencegah beberapa jenis kanker tertentu.
Bayam. Warna sayuran yang gelap ini berasal dari berbagai phytochemical, vitamin, dan mineral (folat dan besi) yang berperan melawan penyakit, melindungi dari penyakit jantung, serta mempertajam pandangan mata Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews