Selasa, 06 September 2011

Dampak Durian bagi Kesehatan

ANDA mungkin salah satu penggemar buah durian? Hati-hati mengonsumsi buah dengan kulit berduri ini. Jika mengonsumsi berlebihan, buah ini bisa membuat Anda alergi, pusing, dan sebagainya. Musim buah durian telah tiba. Penjual pun berlomba menjajakan buah musiman ini. Konsumen tak kalah ketinggalan untuk mencicipi buah durian yang dijajakan di mal atau di pinggir jalan.

Terlepas dari suka atau tidak suka buah beraroma menyengat itu, ternyata durian memiliki dampak negatif dan juga dampak positif bagi ubuh.

Untuk diketahui, kandungan utama dari durian adalah 27.9 gram karbohidrat, 2.7 gram  protein, 3.4 gram lemak tak jenuh, 40 mili gram kalsium, 1.9 mili gram zat besi, 150 mili gram vitamin A, 23.3 mg vitamin C. Total Kalorinya adalah 150 – 160 Kal, jadi waspada pada orang-orang  yang melakukan pembatasan kalori (misalnya pada penderita DM).

Kandungan kalori durian diakui ahli gizi dan guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin, Prof Dr Veni Hadju, M.Sc., Ph.D kepada Fajar, Minggu 20 Februari. Namun demikian, Veni mengingatkan bahwa durian juga memiliki dampak negatif bila dikonsumsi secara berlebihan.

"Buah durian sama halnya dengan buah lainnya. Hanya saja, jika mengonsumsi buah ini terlalu banyak, akan mendatangkan dampak," kata Prof Veni.

Lebih jauh ia mengatakan, buah durian akan mengganggu kesehatan dengan resiko tinggi jika yang mengonsumsi adalah mereka yang berusia diatas 40 tahun. Menurut Prof Feni, kandungan zat natrium yang dikandung buah durian ini adalah zat natrium tertentu. Buah durian memiliki manfaat mineral alamiah yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Durian juga mengandung fosfor dan zat besi yang 10 kali lebih banyak dibanding buah pisang (mas, ambon, beranga).

"Jika orang yang hipertensi mengonsumsi buah durian ini secara berlebih, maka orang tersebut pasti akan kolaps. Tapi, jika mengontrol diri hanya untuk mencoba, maka tidak ada efeknya, " ungkap Prof Veni lebih lanjut.

Mengandung banyak gas, glukosa, kolesterol dan juga sedikit alkohol. Setelah mengonsumsi durian, gas dalam perut dapat menimbulkan kontraksi. Dampak buruk lainnya, durian dapat menyebabkan terjadinya diabetes karena glukosa yang ada dalam durian. sedangkan kolesterol dan alkohol menimbulkan efek buruk pada jantung.


Solusinya bagi ANDA maniak durian :D yaitu :
-Kurangi demi kesehatan anda
-Berhemat. jd kalau hemat pikir 2x sblum bli durian.hahaha
-Jika terlanjur beli bagi-bagi kepada tetangga ANDA agar tidak terlalu banyak yang ANDA konsumsi dan sedikit bersedekah :D

Bagaimana dengan anak-anak? Menurut Prof Veni, dampak bagi anak-anak tidak akan beresiko tinggi jika memberikannya secara hati-hati. Dengan kata lain, anak-anak pun tidak boleh mengonsumsi buah durian secara berlebih. sumber : fajar

1 komentar:

pureit mengatakan...

tulisan yang bagus dan bermanfaat sekali....terimakasih untuk postingannya!

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews